DEV Community

Adhy Wiranto
Adhy Wiranto

Posted on

Hooks pada React

Hari ini saya belajar mengenai Hooks pada React. Fitur ini telah ada sejak react merilis versi 16.8.0 nya dimana memang sangat baru implementasinya (sekarang sudah versi 17.0.2). Sebelumnya untuk melakukan passing nilai variabel dari komponen untuk dikelola harus memakai kelas, ketika saya perhatikan kodenya memang lebih banyak, seperti extends ke React.Components, membuat constructor(), dan keyword this yang merajalela dimana-mana.

Apa yang saya pelajari dari Hooks ini:

  • misalnya saya punya state seperti berikut untuk membuat app counter
    const [count, setCount] = useState(0);
    terdapat destructuring variabel count dan function setCount dengan nilai awal dari variabel count adalah 0 (diset pada useState()), tugas function setCount() adalah untuk mengubah value dari count

  • setCount mengambil value dari count, sehingga jika kita membuat aplikasi form yang dapat menampilkan isi input form secara seamless maka kita bisa kondisikan dari key pada objek apa yang kita ganti isinya dan sisanya tetap tidak diubah.

Banyak sekali yang saya pelajari mengenai react ini, rencananya setelah belajar react ini saya akan belajar mengenai pembuatan API dan Otentikasi. Setelah itu saya akan kembali lagi ke dasar ilmu dari javascript agar ilmu fundamentalnya lebih kuat lagi.

Wish me luck!

Top comments (0)