DEV Community

Shazi Awaludin
Shazi Awaludin

Posted on

100 Days React

Halo Dev, ini adalah post pertamaku di Dev.to, aku harap disini aku bisa lebih berkembang lagi dengan sekumpulan orang hebat di dalamnya.

if you see this post, i need your support to learn react, please help me 🙂

Background

Aku sekarang ada di umur 22, sebagai seorang developer yang aktif belajar dan masih di bangku kuliah. Aku belum memiliki pekerjaan tetap, saat ini aku ada di posisi sebagai Quality engineer. Walau demikian, sekarang aku sedang kembali belajar front-end web dev yang pernah tertunda selama beberapa waktu. Sebelumnya selama 2021 sampai akhir 2022 lalu aku bergelut di bidang back-end engineer dan cloud computing. 2023 ini aku kembali bergelut dengan front-end dev dan lebih memilihnya dibanding back-end dan cloud computing karena ternyata aku lebih senang untuk menyajikan aplikasi yang langsung berinteraksi dengan user. Oleh karenanya, aku kembali memilih untuk belajar front-end.

Aku menargetkan belajar react selama 100 hari ke depan karena aku harus memiliki pekerjaan dengan gaji yang mumpuni sebelum wisuda selanjutnya atau setidaknya sebelum Oktober.

The goal

secara spesifik aku sedang mengincar sebuah jabatan full-time di sebuah company, atau setidaknya divisi frontend entah itu di jogjakarta atau di jakarta. Aku sedang mengharapkan sebuah tempat di mana aku bisa mencari ilmu lebih banyak lagi dan bisa bekerja dengan tim secara langsung. other specifics:

  • Front-end dev menggunakan react, sebagai sebuah framework yang memang aku sedang sukai
  • gaji yang mumpuni
  • remote memiliki nilai lebih

Ekspektasi harian

Ini adalah pertama kali aku mencoba 100 days challenge. Jadi sepertinya aku harus mengerahkan energi ekstra untuk menjaga konsistensiku dalam berkembang. Ekspektasinya:

  • setiap hari aku akan membuat sebuah project, halaman, atau react component
  • setiap yang aku buat akan memiliki github repo, atau sebuah commit git yang telah dipush ke github
  • setiap hari aku akan mencatat dan mendokumentasikan apa yang telah aku buat di notion, di bagian 100 Days challenge React. Jika itu adalah sebuah project, aku akan mempostingnya di dev.to
  • di hari liburku, aku akan membaca setidaknya sebuah halaman medium atau menggunkan berlatih menjawab inteveiw question selama 25 menit per hari (1 pomodoro)

Karena aku sudah menulis ini, maka aku harus menyelesaikannya. Mari bekerja, dan itu lebih baik bukan?

Top comments (0)