DEV Community

Cover image for Membuat Program Operasi Himpunan (Gabungan)
Aris アリス
Aris アリス

Posted on

Membuat Program Operasi Himpunan (Gabungan)

Hai teman-teman 👋

Kali ini saya akan membuat fungsi untuk mendapatkan gabungan antara 2 himpunan dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript. Fungsi ini menerima 2 inputan variabel yang merupakan objek dari kelas Set dan akan menghasilkan gabungan dari 2 objek tersebut. Berikut kode pemrogramannya:

function getUnion(a, b) {
    const arrayA = Array.from(a);
    const arrayB = Array.from(b);
    const union = arrayA.concat(arrayB);

    return new Set(union);
}
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Pada fungsi di atas saya melakukan konversi pada variabel a dan b terlebih dahulu dari Set menjadi array. Lalu, saya menggabungkan kedua array hasil konversi tersebut dan disimpan dalam variabel union. Langkah terakhir, saya mengembalikan variabel union yang telah dikonversi menjadi Set supaya tidak ada duplikasi data.

Contoh penggunaan:

let a = new Set([1,2,5,6,7,9]);
let b = new Set([2,3,4,5,7,8]);

console.log(getUnion(a, b));
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Output dari kode di atas adalah

Set(9) { 1, 2, 5, 6, 7, 9, 3, 4, 8 }
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Demikian yang bisa saya bagikan, apabila ada yang perlu dikoreksi silahkan share di kolom komentar. 😁

Top comments (0)