DEV Community

Dhimas Kirana
Dhimas Kirana

Posted on

Beralih ke MacPorts dari Homebrew

Halo, dev.. 👋

Saya mau share ke teman-teman tentang pengalaman menggunakan MacPorts. Dan kenapa beralih dari Homebrew.

MacPorts dan Homebrew

Nah buat teman-teman yang belum tahu, Homebrew merupakan package manager atau pengelolaan paket aplikasi yang cukup terkenal dan sering digunakan developer di perangkat yang menjalankan Mac OS.

Kita tahu banyak aplikasi command line yang biasanya dibutuhkan tetapi tidak tersedia di App Store, sehingga melalu package manager seperti Homebrew, aplikasi tersebut tersedia.

Contohnya seperti ffmpeg, nginx, php, mysql dan masih banyak lainnya.

Nah MacPorts ini sama seperti Homebrew yaitu package manager yang cukup membantu menginstall beberapa paket aplikasi yang telah disebutkan di atas.

Alasan Beralih ke MacPorts

Saya menggunakan perangkat MacBook Pro (Retina, 13-inch, Mid 2014) dengan Mac OS Big Sur 11.7.10 (20G1427)

Sebelumnya saya sudah cukup lama menggunakan Homebrew karena sangat membantu sekali menginstall beberapa paket aplikasi yang saya butuhkan.

Namun setelah beberapa waktu saya merasa homebrew cukup lambat diakses. Saya sempat menginstall ulang macbook saya ini dan merasakan ketika setup Homebrew dari nol terasa sangat lambat.

Setelah saya mencari tahu ternyata Homebrew ini hanya support sampai 3 versi Mac OS terbaru.

Perhatikan list perilisan berikut ini. Saat ini (19 Oktober 2024) Homebrew support Mac OS Ventura sampai ke Mac OS Sequoia. Kalian bisa cek saja di websitenya.

macOS 15 Sequoia, Fall, 2024
macOS 14 Sonoma, September 26, 2023
macOS 13 Ventura, October 25, 2022
macOS 12 Monterey, October 25, 2021
macOS 11 Big Sur, November 19, 2020

Jadi saya paham mengapa Homebrew sangat lambat di laptop macbook saya ini dikarenakan Homebrew sendiri sudah tidak support di Mac OS Big Sur ini.

Inilah yang menjadi alasan saya berpindah ke MacPorts.

Mengapa Tidak Upgrade Mac OS?

Perangkat yang saya gunakan yaitu MacBook Pro (Retina, 13-inch, Mid 2014) hanya support sampai Mac OS Big Sur. Bahkan Monterey saja tidak support sehingga saya tidak bisa lagi upgrade versi Mac OS.

Kelebihan MacPorts

Salah satu kelebihan yang cukup membuat saya tertarik dengan MacPorts adalah kompabilitasnya dengan versi Mac OS lama. Kalian bisa lihat di menu Install MacPorts, MacPorts menyediakan installer untuk berbagai versi Mac OS.

Dan setelah mencoba MacPorts, ternyata cukup memuaskan. Untuk proses install beberapa paket aplikasi cukup cepat dan tidak mengalami kendala.

Kesimpulan

Sejauh ini MacPorts cukup cepat digunakan di Mac OS Big Sur. Jadi buat teman-teman yang masih menggunakan Mac OS versi lama, saya sarankan menggunakan MacPorts daripada menggunakan Homebrew.

Selamat mencoba 🍻

Top comments (1)

Collapse
 
tjasper profile image
Oluwaloseyi Oluwatofunmi Emmanuel

Interesting