DEV Community

Sihar Simbolon
Sihar Simbolon

Posted on

Kesalahan menggunakan pattern matching not like any di PostgreSQL

Biasanya saya menggunakan pattern matching menggunakan keyword "not in".

SELECT kolom1 from tabel where kategori not in ('A', 'B')
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Kemudian saya mencoba menggunakan keyword "not like any"

SELECT kolom1 from tabel where kategori not like any (array['A', 'B'])
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Menurut saya, hasilnya akan sama. Tetapi setelah dijalankan hasilnya berbeda. Saya penasaran kenapa hasil berbeda dan setelah saya cari tahu, cara kerja keyword any itu adalah akan bernilai benar jika salah satu elemen terpenuhi. Jadi jika elemen A dibandingkan ke keyword not like any akan bernilai true karena memenuhi kriteria bukan memenuhi salah satu elemen di dalam array yaitu B. Begitu juga sebaliknya. Sementara hasil yang diinginkan adalah bukan elemen A dan juga bukan elemen B. Untuk menjawab masalah ini digunakan keyword "not like all"

SELECT kolom1 from tabel where kategori not like all (array['A', 'B'])
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Referensi
stackoverflow

Top comments (0)