DEV Community

Cover image for Menyelesaikan soal "Plus Minus" di HackerRank
Aris アリス
Aris アリス

Posted on

Menyelesaikan soal "Plus Minus" di HackerRank

Soal 1Soal 2
Pada soal di atas kita diminta untuk menghitung jumlah bilangan positif, negatif, dan nol dalam sebuah array. Kali ini saya akan membagikan cara saya menyelesaikan soal tersebut menggunakan bahasa pemrograman javascript. Berikut kode pemrogramannya:

function plusMinus(arr) {
    const counts = [
        arr.filter(el => el > 0).length,
        arr.filter(el => el < 0).length,
        arr.filter(el => el === 0).length
    ];

    for (const count of counts) {
        const ratio = (count / arr.length).toFixed(6);
        console.log(ratio);
    };
}
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Pada kode di atas saya membuat variabel counts yang berisi jumlah elemen dari bilangan positif, negatif, dan nol yang terdapat pada array arr. Di bawahnya saya melakukan perulangan dari variabel counts. Di dalam perulangan saya menghitung rasio dari masing-masing bilangan (positif/negatif/nol) dari jumlah elemen pada array arr. Rasio tersebut kemudian saya bulatkan maksimal 6 angka di belakang koma menggunakan method toFixed(). Terakhir, saya tampilkan hasilnya pada konsol.

Top comments (0)