DEV Community

Cover image for Menyelesaikan soal "Staircase" di HackerRank
Aris アリス
Aris アリス

Posted on

Menyelesaikan soal "Staircase" di HackerRank

Soal

Pada soal di atas kita diminta untuk membuat fungsi yang dapat mencetak pola seperti anak tangga dengan jumlah tingkatan sesuai nilai yang diinputkan. Kali ini saya akan membagikan cara saya menyelesaikan soal tersebut menggunakan bahasa pemrograman javascript. Berikut kode pemrogramannya:

function staircase(n) {
    for (let i = 1; i <= n; i++) {
        let result = '';

        for (let j = 0; j < n - i; j++)
            result += ' ';

        for (let k = 0; k < i; k++)
            result += '#';

        console.log(result);
    }
}
Enter fullscreen mode Exit fullscreen mode

Pada kode di atas, saya melakukan perulangan sebanyak nilai yang diinputkan. Dalam perulangan tersebut saya mencetak spasi dan karakter # dengan jumlah yang berbeda sesuai nomor baris saat ini. Jumlah spasi dapat diperoleh dari jumlah kolom dikurangi nomor baris saat ini dan jumlah karakter # akan sama dengan nomor baris saat ini.

Sebagai gambaran apabila diinputkan nilai 5, maka pada baris nomor 1 akan mencetak spasi sebanyak 4 (5 - 1) dan 1 karakter #, baris nomor 2 akan mencetak spasi sebanyak 3 (5 - 2) dan 2 karakter #, dan seterusnya.

Demikian yang bisa saya bagikan, apabila ada yang perlu dikoreksi atau Anda punya cara lain untuk menyelesaikan soal di atas silahkan share di kolom komentar. 😁

Top comments (0)